Simulasi Surat Suara 22 September

Simulasi Surat Suara 22 September
Simulasi Surat Suara 22 September
JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal simulasi surat suara akan dimulai pekan depan, tepatnya Senin (22/9). Daerah yang mendapat giliran pertama adalah Papua dan Jawa Timur. KPU juga menetapkan simulasi surat suara di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

jpnn.com - "Simulasi surat suara pertama akan dilakukan di Papua dan Jawa Timur pada 22 September. Untuk NAD, ada permintaan KPU setempat untuk melaksanakannya pada 13 Oktober," ungkap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Nurpati, Rabu (17/9).

Nantinya, dalam simulasi itu akan melibatkan 500 pemilih di satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan sejumlah petugas KPPS. Pelaksanaan simulasi yakni di kabupaten. Khusus Papua, simulasi akan dilaksanakan di daerah perbatasan antar kabupaten.

"Simulasi ini akan dilakukan persis seperti hari H pada Pemilu 2009.Di mana ada bilik suara dan ada penghitungan suara. Kami juga sudah memerintahkan agar personel KPPS setempat menyiapkan diri," tutur Andi sembari menambahkan, untuk desain surat suara yang akan disimulasikan kemungkinan tidak hanya satu. Ada desain berbeda di satu tempat simulasi.

Lanjut dikatakan, KPU akan mengundang Bawaslu, Komisi II DPR dan Depdagri untuk mengikuti simulasi surat suara. Setelah simulasi, KPU akan menyerahkan hasilnya pada DPR dan pemerintah. Selanjutnya, KPU akan menggelar rapat pleno untuk memutuskan desain surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2009. "Diharapkan pertengahan Oktober sudah selesai," cetusnya. Meskipun Daftar Calon Tetap (DCT) baru ditetapkan dan diumumkan pada 31 Oktober, KPU ingin agar desain suara telah ditetapkan sebelum DCT. (esy)

JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal simulasi surat suara akan dimulai pekan depan, tepatnya Senin (22/9). Daerah yang mendapat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News