Sistem Paket Disepakati, Komposisi Tergantung Lobi

Sistem Paket Disepakati, Komposisi Tergantung Lobi
Sistem Paket Disepakati, Komposisi Tergantung Lobi
JAKARTA - Rapat paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat bahwa pemilihan pimpinan MPR dilakukan dengan sistem paket. Pimpinan MPR akan terdiri dari lima orang dengan satu ketua dan empat wakil.

Namun demikian, lembaga tinggi negara yang terdiri dari anggota-anggota DPR dan DPD itu belum memutuskan soal komposisi jumlah pimpinan dari DPR dan DPD. Dalam rapat paripurna MPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara yakni Ketua DPD MArzuki Alie dan Ketua DPD Irman Gusman, disepakati bahwa pemilian yang akan dilakukan dengan sistem paket itu akan digelar sore hari ini.

Kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Sabtu( 3/10), Marzuki mengakui bahwa pemilihan sistem paket itu sendiri merupakan usulan DPD. Disebutkannya, dengan lima pimpinan MPR itu maka paket yang ditawarkan adalah 3:2, yakni tigakursi untuk DPR dan dua kursi untuk DPD, atau 4:1 dengan empat  kursi pimpinan bagi DPR dan satu untuk DPD.

Marzuki mengatakan, soal komposisi pimpinan MPR dari unsur DPD dan DPR masih akan dibicarakan lebih lanjut. "Nanti akan kita komunikasikan dalam forum lobi," ujarnya. Forum itu melibatkan para pimpinan DPR dan DPD. DDP, sebut Marzuki, menginginkan paket 3:2. Sementara mayoritas fraksi di MPR yang berasal dari DPR, menginginkan paket 4:1.

JAKARTA - Rapat paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat bahwa pemilihan pimpinan MPR dilakukan dengan sistem paket. Pimpinan MPR akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News