Siswa-Siswi KBS Ukir Prestasi OSN 2024, Harumkan Nama Bangsa di Olimpiade Internasional 

Siswa-Siswi KBS Ukir Prestasi OSN 2024, Harumkan Nama Bangsa di Olimpiade Internasional 
Sekolah Kesatuan Bangsa (KBS) Yogyakarta mengukir banyak prestasi pada pertengahan tahun ini. Foto dok. KBS

jpnn.com, YOGYAKARTA - Sekolah Kesatuan Bangsa (KBS) Yogyakarta mengukir banyak prestasi pada pertengahan tahun ini.

Selain medali di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024, siswa-siswi sekolah ini juga  mengharumkan nama bangsa pada ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2024, yang digelar di Vassouras, Brasil pada 17-27 Agustus 2024 lalu. 

"Ini makin mempertegas komitmen sekolah mendukung pengembangan akademik siswa-siswinya," kata Deera Army Pramana, pembina Tim Olimpiade Sekolah Kesatuan Bangsa, Jumat (6/9).

Dia menjelaskan, pada OSN 2024 sekolah yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu berhasil membawa pulang 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Selain itu, di tingkat SMP, salah satu siswa mereka berhasil meraih 1 medali perak di ajang serupa. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), total perolehan medali DIY di ajang OSN tingkat SD, SMP, dan SMA adalah 5 medali emas, 8 perak, dan 12 perunggu. Keberhasilan kontingen OSN DIY tahun ini tak lepas dari peran penting sekolah-sekolah di wilayah ini, termasuk Sekolah Kesatuan Bangsa.

"Kesuksesan ini tidak lepas dari upaya Sekolah Kesatuan Bangsa dalam menyediakan sistem dan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa," ucapnya. 

Tepat sebelum perhelatan OSN dimulai, kabar menggembirakan datang dari ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2024, yang digelar di Vassouras, Brasil pada 17-27 Agustus 2024. Di mana Tim Olimpiade Astronomi Indonesia (TOASTI) berhasil membawa pulang 3 medali, salah satunya Novin Raushan, siswa SMA Kesatuan Bangsa, yang berhasil meraih medali perunggu di ajang bergengsi tersebut. 

"Capaian ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi sekolah, tetapi juga D.I. Yogyakarta secara keseluruhan," ujarnya.

Siswa-siswi KBS ukir prestasi OSN 2024 dan mengharumkan nama bangsa di olimpiade internasional 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News