Situasi Belum Aman, Tim Basarnas Hentikan Evakuasi di Sinabung

Situasi Belum Aman, Tim Basarnas Hentikan Evakuasi di Sinabung
Situasi Belum Aman, Tim Basarnas Hentikan Evakuasi di Sinabung

jpnn.com - JAKARTA -- Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan sementara proses evakuasi pencarian korban erupsi Gunung Sinabung di zona bahaya. Menurut Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Brigjen TNI Tatang Zainuddin, ini dilakukan setelah mendapat peringatan bahaya erupsi gunung yang dikeluarkan secara langsung oleh Pusat Vulkanologi.

"Untuk hari kemarin dan sekarang, dari pusat Vulkanologi, sehubungan dengan aktivitas Sinabung sampai saat ini msh tinggi, mereka (Pusat Vulkanologi) merekomendasikan untuk tidak masuk dulu ke wilayah Sukameriah untuk evakuasi," kata Tatang dalam jumpa pers di kantor Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

Untuk itu, lanjut Tatang, pihaknya untuk sementara tidak akan melakukan evakuasi, hingga zona evakuasi dinayatakan aman dari erupsi gunung Sinabung. Ia menyatakan, sejauh ini para pengungsi juga belum memberikan laporan adanya keluarga yang hilang pasca erupsi beberapa hari lalu.

"Kami belum mendapat laporan lagi sejauh ini jika ada pengungsi yang hilang. Jadi sampai situasi aman, baru kami lakukan pencarian lagi," lanjut Tatang.

Seperti diketahui saat ini sudah 16 orang tewas akibat terkena awan panas hasil erupsi Sinabung beberapa hari lalu. Basarnas dan tim gabungan lainnya masih melakukan pencarian, jika memang ada warga yang diketahui sempat berada di lokasi zona bahaya tersebut. (flo/jpnn)

 


JAKARTA -- Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan sementara proses evakuasi pencarian korban erupsi Gunung Sinabung di zona bahaya. Menurut Direktur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News