Skenario Persiapan Eksekusi Amrozi Cs Tak Terlaksana

Eksekutor Terancam Mundur

Skenario Persiapan Eksekusi Amrozi Cs Tak Terlaksana
KETAT : Seorang anggota Brimob sedang berjaga di sekitar Kedutaan besar Inggris di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/11). Menjelang eksekusi mati terpidana Bom Bali I Amrozi Cs, sejumlah lokasi objek vital di Jakarta ditingkatkan penjagaanya. Foto : Raka DennyJAWAPOS
CILACAP – Keajaiban, tampaknya, masih berpihak kepada trio terpidana mati bom Bali, Amrozi, Ali Ghufron alias Mukhlas, dan Imam Samudra. Rencana dan segala persiapan eksekusi yang telah di depan mata, termasuk menempatkan ketiganya ke sel isolasi sejak Jumat lalu (31/10), tak membuat eksekusi segera dilakukan.

Eksekusi yang rencananya digelar secepat-cepatnya nanti malam setelah kunjungan keluarga atau Selasa (4/11) dini hari kembali mengambang. ’’Begitulah keadaannya. Pusat yang bisa jelaskan,’’ kata sumber koran ini di Cilacap Minggu (2/11). Sumber itu bahkan tak berani memastikan bahwa eksekusi dilakukan sebelum 15 September seperti janji Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Mengapa berubah? ’’Jangan tanya kapan? Kini kami pun belum tahu,’’ kilahnya. Dia mengaku tak mengetahui alasan mengapa lampu hijau eksekusi tak juga turun. Padahal, proses hukum untuk Amrozi cs diklaim telah final dan mengikat.

Sejumlah indikator mundurnya eksekusi kentara saat sejumlah skenario yang disusun jauh-jauh hari tak terlaksana seharian kemarin. Misalnya, dua helikopter milik Direktorat Polisi Udara Babinkam Mabes Polri yang sedianya diterbangkan ke Nusakambangan tak jadi mendarat. Para penderes atau penyadap kelapa untuk gula merah di kawasan Nirbaya, dekat lokasi eksekusi Amrozi, juga tak jadi dievakuasi.

Rencana kedatangan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji, Deops Polri Irjen Pol Rubiani Pranoto, dan Kakor Brimob Irjen Pol S.Y. Wenas ke Cilacap juga batal. Suasana di seputar Lapas Batu, Nusakambangan, tempat ketiga terpidana mati itu mendekam, yang sempat tegang, kini berubah landai. ’’Semua petugas masih standby di pos masing-masing. Tapi, tetap tak ada kegiatan berarti,’’ imbuh sumber yang lain.

CILACAP – Keajaiban, tampaknya, masih berpihak kepada trio terpidana mati bom Bali, Amrozi, Ali Ghufron alias Mukhlas, dan Imam Samudra. Rencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News