Skuad Garuda Diserukan Tak Pikir Menang-Kalah

Skuad Garuda Diserukan Tak Pikir Menang-Kalah
DIDUKUNG - Pemain tim nasional Indonesia di lapangan. Foto: Dok. JPNN.
JAKARTA - Tinggal beberapa saat lagi saja, nasib akhir timnas Garuda di Piala AFF 2010 akan ditentukan. Setidaknya, jutaan orang di Indonesia tengah menantikan momen penentuan ini. Deg-degan juga barangkali. Apakah timnas akan berhasil memenangkan pertandingan malam ini? Ataukah, justru harus (kembali) kalah?

Sejauh ini, banyak orang yang masih yakin dan optimis bahwa timnas Garuda akan mampu menang. Malah, cukup banyak juga yang berkeyakinan kalau skuad Merah Putih bakal mampu membalikkan keadaan, dengan menang besar atas Malaysia, serta akhirnya membuat bangga dengan meraih gelar juara di turnamen ini. Tapi, bagaimana jika kalah?

Terkait dengan harapan besar untuk menang, serta kemumgkinan kekalahan ini, salah seorang penulis muda, ES Ito, agaknya punya pemikiran yang sedikit berbeda. Tepatnya, lewat sebuah tulisan bertajuk 'Surat Untuk Firman' di situsnya, Itonesia.com, sang penulis yang menyebut hanya berbeda usia beberapa bulan dengan Firman Utina itu, justru menyerukan Firman dkk untuk tak terbebani oleh menang-kalah.

"Firman Utina, kapten tim nasional sepak bola Indonesia, bermain bola lah dan tidak usah memikirkan apa-apa lagi. Sepak bola tidak ada urusannya dengan garuda di dadamu, sebab simbol hanya akan menggerus kegembiraan. Sepak bola tidak ada urusannya dengan harga diri bangsa, sebab harga diri tumbuh dari sikap dan bukan harapan. Di lapangan kau tidak mewakili siapa-siapa, kau memperjuangkan kegembiraanmu sendiri. Di pinggir lapangan, kau tidak perlu menoleh siapa-siapa, kecuali Tuan Riedl yang percaya sepak bola bukan dagangan para pecundang," tulisnya dalam salah satu bagian.

JAKARTA - Tinggal beberapa saat lagi saja, nasib akhir timnas Garuda di Piala AFF 2010 akan ditentukan. Setidaknya, jutaan orang di Indonesia tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News