Skuad Spanyol Termahal di Euro 2012

Skuad Spanyol Termahal di Euro 2012
Foto : Philippe Marcoupierre/AFP/Getty Images
GDANSK - Orgullosos De Nuestra Seleccion atau yang berarti "Bangga dengan Tim Nasional Kita" terpampang di bodi pesawat yang membawa rombongan tim Spanyol mendarat di Bandara Lech Walesa, Gdansk, Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB (5/6).

 

Slogan itu memang benar-benar merefleksikan Spanyol di Euro 2012. Bukan hanya karena status La Furia Roja -sebutan Spanyol- sebagai juara bertahan, melainkan juga karena Iker Casillas cs menahbiskan diri sebagai skuad termahal di Polandia-Ukraina. Seperti dilansir harian olahraga Spanyol AS kemarin (6/6), seorang ekonom asal Brazil bernama Fernando Pinto melakukan penelitian terhadap nilai komersial setiap kontestan Euro. Hasilnya, dari 16 kontestan, Spanyol dihuni pemain dengan banderol paling mahal dibandingkan lainnya.

 

Banderol 23 pemain dalam skuad Spanyol mencapai EUR 653 juta atau sekitar Rp 7,6 triliun (dengan kurs EUR 1 = Rp 11.711). Jauh mengungguli skuad Jerman dengan EUR 469 juta (Rp 5,4 triliun), Inggris dengan EUR 394 juta (Rp 4,6 triliun), dan Prancis dengan EUR 344 juta (lebih dari Rp 4 triliun)

 

Dalam penelitiannya, Pinto menggunakan acuan nilai transfer pemain dengan inflasi mata uang Euro sekarang. Status tim termahal yang disandang Spanyol sejatinya tidak terlalu mengejutkan. Itu seiring skuad La Furia Roja didominasi penggawa dua klub paling top dan glamor di Eropa saat ini, Barcelona dan Real Madrid.

 

GDANSK - Orgullosos De Nuestra Seleccion atau yang berarti "Bangga dengan Tim Nasional Kita" terpampang di bodi pesawat yang membawa rombongan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News