Soal Stunting, Anies Bicara Pentingnya Penanganan Sejak Masa Kehamilan

Soal Stunting, Anies Bicara Pentingnya Penanganan Sejak Masa Kehamilan
Capres RI Anies Baswedan saat menghadiri acara Desak Anies Edisi Nakes di Half Patiunus, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com - Calon Presiden (Capres) RI Anies Baswedan mengungkapkan pentingnya penanganan kesehatan ibu, anak, dan keluarga yang komp?rehensif dengan melibatkan pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat itu sendiri.

Hal itu disampaikan Capres RI nomor urut 01 itu dalam acara Desak Anies Edisi Nakes di Half Patiunus, Jakarta, Kamis (18/1).

"Menurut saya harus ada arah kebijakan yang komprehensif. Tadi kita bicara soal stunting. Itu bicara dari masa kehamilan, sampai melahirkan 1000 hari pertama. Kemudian memastikan anak bertumbuh kembang dengan baik,” ucapnya.

Bagi Anies, proses itu harus dilaksanakan dalam satu paket. Dia juga melihat pentingnya peran posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kampung-kampung.

"Karena posyandu itu terdepan dan kader posyandu didukung dengan dasawisma. Mereka paling tahu kondisi keluarga dan anak-anak kita,” ucapnya.

Eks gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan setelah mengaktifkan posyandu, maka posbindu juga perlu diaktifkan.

"Supaya lansianya juga tertangani dengan baik. Ketika kita bicara tentang promotif (kesehatan) itu promotif yang sesungguhnya. Bukan promotif yang parsial,” ujar Anies.(*/jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Capres RI Anies Baswedan mengatakan penanganan stunting harus dilakukan komprehensif sejak masa kehamilan ibu.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News