Soal Ulah Gangster yang Bikin Resah, Pj Gubernur Jateng Merespons Begini

Soal Ulah Gangster yang Bikin Resah, Pj Gubernur Jateng Merespons Begini
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan bahwa ulah gangster yang belakangan marak di Kota Semarang membuat resah.

Pasalnya, tindakan mereka sudah mengarah pada kriminalitas, bahkan sebagian pelakunya masih usia sekolah.

"Perlu ada shock therapy terhadap kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada kriminalitas,” kata Nana seusai rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, di kantornya, Rabu (2/10).

Berdasarkan data kepolisian, tercatat selama 2024 terdapat 135 kejadian kriminal di Jawa Tengah yang dilakukan oleh gangster. Pelakunya terdiri dari 126 orang dewasa dan 201 pemuda di bawah umur.

“Ada di antara kelompok itu masih anak SMP dan anak SMA yang memang sedang mencari jati diri. Ini perlu ada upaya-upaya edukasi terhadap mereka,” ujarnya.

Pada 1 Oktober 2024 lalu, Polrestabes Semarang juga telah membubarkan sebanyak 19 kelompok gangster yang ada di daerahnya.

Menurut Nana, perlu dilakukan upaya-upaya preventif supaya tidak muncul lagi adanya gangster.

Mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu mengapresiasi lembaga-lembaga yang sudah melakukan upaya tersebut melalui programnya masing-masing.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan bahwa ulah gangster yang belakangan marak di Kota Semarang membuat resah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News