Soekarno - Hatta Resmi Pahlawan Nasional

Soekarno - Hatta Resmi Pahlawan Nasional
Soekarno - Hatta Resmi Pahlawan Nasional
JAKARTA - Dua tokoh proklamasi Indonesia, Soekarno dan Hatta, akan menyandang gelar pahlawan nasional. Hari ini, pemerintah menganugerahi keduanya gelar pahlawan nasional menjelang peringatan Hari Pahlawan yang jatuh tiap 10 November.

Keputusan pemberian gelar pahlawan nasional untuk tokoh yang dikenal dengan Bung Karno dan Bung Hatta merupakan hasil sidang Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan yang diketuai Menko Polhukam Djoko Suyanto. Kemarin (6/11), Djoko memberikan laporan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang baru tiba dari lawatan luar negerinya ke Inggris dan Laos.

"Penganugerahan gelar pahlawan nasional, tahun ini diberikan kepada dua orang, yakni Ir Soekarno dan Drs M. Hatta," kata Djoko di ruang VIP Bandara Halim Perdanakusuma. Kemarin, keputusan presiden mengenai penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Soekarno " Hatta diteken SBY.

Rencananya, penganugerahan yang disampaikan melalui keluarga Soekarno dan Hatta akan dilakukan di Istana Negara siang ini sekitar pukul 11.00. "Alasannya kenapa, besok (hari ini, Red) presiden akan memberikan sambutan khusus, mengapa layak mendapatkan gelar pahlawan nasional," terang Djoko.

JAKARTA - Dua tokoh proklamasi Indonesia, Soekarno dan Hatta, akan menyandang gelar pahlawan nasional. Hari ini, pemerintah menganugerahi keduanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News