Srikandi Tiongkok Masih Jadi Momok

Srikandi Tiongkok Masih Jadi Momok
Li Xuerui.Getty Images

jpnn.com - KEHEBATAN tunggal putri andalan Tiongkok, Li Xuerui masih belum tertandingi. Hingga babak semifinal World Championship 2013, tunggal putri unggulan pertama itu mampu menyingkirkan semua lawannya dengan mudah. Terakhir, Sabtu (10/9), ia memecundangi andalan Korea, Bae Yeon-ju, di lapangan utama Tianhe Indoor Gymnasium dengan skor sangat mencolok, 21-5, 21-11, dalam waktu 31 menit.

Unggul kemampuan dan peringkat, Li terus mendominasi pertandingan sejak servis pertama dimulai. Babak pertama pun berakhir sangat singkat, sekitar 10 menit. Smes-smes kerasnya tak bisa dihalau Bae. Tercatat ia membukukan delapan kali smash winner di babak pertama, dan lima kali net winner. Li benar-benar menguasai sepenuhnya pertandingan ini dan menutup game pertama dengan 21-5.

Babak selanjutnya juga bagaikan mimpi buruk untuk Bae. Berbagai cara sudah ia coba, tapi semuanya gagal. Lagi-lagi Li mendominasi perolehan poin dan menutup game dengan 21-11. Kemenangan ini praktis semakin mendekatkan Li dengan gelar juara dunia pertamanya. Pasalnya tahun ini adalah debut pemain 22 tahun tersebut di World Championships.

Di final yang akan berlangsung besok, Minggu (11/8), Li akan menghadapi tunggal putri andalan Thailand, Ratchanok Intanon. Di babak semi final, unggulan keempat itu menaklukkan tunggal putri asal India yang sedang naik daun, PV Sindhu.

Unggulan ke-10 itu sebelumnya membuat kejuatan dengan menyingkirkan dua tunggal putri andalan tuan rumah, unggulan kedua Wang Yihan, dan unggulan ke-10, Wang Shixian. Namun kegemilangan Sindhu terhenti di tangan Intanon. Ia takluk dalam waktu dua game langsung, 21-10, 21-13, dengan yang cukup singkat, 31 menit.

Selain final tunggal putri, besok juga akan digelar final di nomor lainnya, di mana Tiongkok berpeluang menambah gelar juara dari nomor tunggal putra lewat Lin Dan dan ganda putrid lewat unggulan pertama Wang Xiaoli/Yu Fang.

Lin Dan lolos ke final usai mengalahkan tunggal putra Vietnam, Tien Minh Nguyen, 21-17, 21-15, dan masih menunggu pemenang laga Lee Chong Wei kontra Du Pengyu yang akan menjadi lawannya di final. Sedangkan Wang/Yu yang bersusah payah mengalahkan unggulan keempat dari Denmark dalam pertarungan ketat tiga set, 21-23, 21-18, dan 21-18, akan menghadapi jagoan Kore Hye Won Eorn/Ye Na Jang yang mengubur peluang All Chinese Final dengan mengandaskan Tian Qing/Zhao Yunlei 21-16, 21-19. (dim)

KEHEBATAN tunggal putri andalan Tiongkok, Li Xuerui masih belum tertandingi. Hingga babak semifinal World Championship 2013, tunggal putri unggulan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News