Sst, KPK Tetapkan 3 Tersangka terkait Kasus Tambang di Kaltim, Siapa?

Sst, KPK Tetapkan 3 Tersangka terkait Kasus Tambang di Kaltim, Siapa?
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar konferensi pers pada Kamis (26/9). Foto: Fathan

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

KPK sudah mengirimkan surat pencegahan ke luar negeri ke Ditjen Imigrasi untuk tiga tersangka ini.

“Per 19 September 2024, KPK telah memulai penyidikan untuk dugaan tindak pidana korupsi untuk perkara sebagaimana tersebut di atas dan telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka,” ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (26/9) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiga tersangka dimaksud berinisial AFI, DDWT dan ROC. Tessa belum mau menyampaikan identitas tersangka dimaksud.

Mereka telah dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan pertama sebagaimana Surat Keputusan KPK Nomor 1204 tertanggal 24 September 2024.

Pencegahan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan tim penyidik KPK melakukan pemeriksaan.

“Larangan bepergian ke luar negeri ini terkait penyidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji dalam Pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) pada Wilayah Kalimantan Timur,” ungkap Tessa.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Senin (23/9) malam, tim penyidik KPK telah menggeledah rumah kediaman mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang berada di Jalan Sei Barito, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota. (tan/jpnn)


KPK sudah mengirimkan surat pencegahan ke luar negeri ke Ditjen Imigrasi untuk tiga tersangka ini.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News