Status Gunung Dieng Ditingkatkan ke Level Waspada

Masyarakat Dilarang Mendekati Kawah Timbang

Status Gunung Dieng Ditingkatkan ke Level Waspada
Status Gunung Dieng Ditingkatkan ke Level Waspada
JAKARTA - Status Gunung Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah dinaikkan dari level Normal menjadi Waspada. Peningkatan status itu seiring dengan meningkatnya aktivitas di Kawah Timbang di Gunung Dieng.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan bahwa Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, sejak pukul 21.30 tadi malam (11/3) telah meningkatkan status Gunung Dieng. "Ada aliran gas mencapai jarak 200 meter (dari Kawah Timbang, red)," kata Sutopo, Selasa (12/3).

Dipaparkannya, pada 7-9 Maret 2013 lalu aliran gas CO2 dari Kawah Timbang terlihat bergerak ke arah selatan sejauh 50-100 meter. Dari kawah itu juga tercium bau belerang yang menyengat. "Di sekitar Kawah Timbang ditemukan kucing yang mati," sebutnya.

Sementara pada Minggu (10/3) lalu, CO2  dari Kawah Timbang mengarah ke selatan dengan jarak aliran mencapai 80 m dari lubang kawah. Namun kondisi yang terjadi di Kawah Timbang itu tidak terjadi pada kawah-kawah lain di Gunung Dieng seperti Kawah Sileri, Kawah Sinila, Kawah Siglagah, Kawah Condrodimuko dan Kawah Sikidang.

JAKARTA - Status Gunung Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah dinaikkan dari level Normal menjadi Waspada. Peningkatan status itu seiring dengan meningkatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News