Stok Pangan Aman, Harga Alami Penurunan

Stok Pangan Aman, Harga Alami Penurunan
Stok Pangan Aman, Harga Alami Penurunan
JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat bahwa secara umum harga komoditas kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional sudah kembali normal. Selain itu, para pedagang juga sudah mulai berjualan.

“Pada H+1 memang belum banyak aktifitas. Hal ini disebabkan masyarakat pada  umumnya sudah memenuhi stok kebutuhan pokok untuk lebih kurang satu minggu,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu di kantornya, Selasa (21/9).

Menurutnya, salah satu harga komoditas yang sudah kembali ke harga normal adalah beras. Disebutkannya, perkembangan harga rata-rata beras pada 10 hari setelah lebaran mengalami penurunan sebesar 0,79 persen jika dibandingkan dengan harga rata-rata beras pada 7 hari sebelum lebaran. Namun jika dibandingkan dengan harga pada 2 minggu sebelum puasa, harga rata-rata beras mengalami sedikit kenaikan yakni sebesar 1,59 persen.

Lebih lanjut Mendag merincikan, pada bulan Agustus 2010 lalu ada 12,75 juta ton beras. Sedangkan penyaluran beras hanya mencapai 3,33 juta ton, sehingga masih tersedia stok hingga akhir September ini sebanyak 9,42 juta ton. “Jumlah ini dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 3 bulan ke depan,” paparnya.

JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat bahwa secara umum harga komoditas kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News