Studi JAPFA & UI Buktikan Program Makanan Bergizi Menurunkan Angka Gizi Buruk Anak 

Studi JAPFA & UI Buktikan Program Makanan Bergizi Menurunkan Angka Gizi Buruk Anak 
Ka-Ki: Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya, Direktur Eksekutif Indonesia Food Security Review (IFSR) I Dewa Made Agung, dan Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, ahli gizi kesehatan masyarakat PKGK UI. Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Program makanan bergizi bagi anak sekolah dan balita yang menjadi andalan presiden dan wapres terpilih Prabowo-Gibran berdampak positif bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Ini dibuktikan dengan hasil studi yang dilakukan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), Yayasan Edufarmers bersama Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan, Universitas Indonesia (PKGK UI) untuk mengukur kecukupan gizi anak-anak Indonesia.

Sebanyak lebih dari 1.000 anak sekolah dasar, taman kanak-kanak dan balita mendapatkan makanan bergizi pada Mei-Juni lalu, di 5 kota: Padang, Sragen, Mempawah, Malang dan Makassar. 

"Studi ini menguji 3 model pemberian makan bergizi, yakni Ready to Eat (RTE), Ready to Cook (RTC) dan Swakelola. Tujuannya untuk menganilisis efektivitas setiap model sekaligus memantau proses produksi, pemenuhan kebutuhan gizi, hingga distribusinya.," kata Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/9). 

Dia mengungkapkan konsumsi protein hewani di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara maju dan beberapa negara ASEAN.

Sebagai produsen protein hewani berkualitas, JAPFA berkomitmen menyediakan pangan yang bergizi dan terjangkau, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2: Zero Hunger, serta mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Dia menyebutkan, studi ini disiapkan selama tiga bulan, mulai dari konsep model pemberian makan hingga pemilihan lokasi, sebelum akhirnya disosialisasikan pada awal Mei lalu.

Wilayah cakupan studi meliputi daerah sekitar unit operasional JAPFA, yakni SDN 06 Batang Anai di Padang, Sumatera Selatan; SDN 01 Duyungan di Sragen, Jawa Tengah; Posyandu Kecamatan Bululawang di Malang, Jawa Timur; SDN 03 Sungai Pinyuh di Mempawah, Kalimantan Barat; serta SD Bugatun Mubarakah dan TK Asoka di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Hasil studi JAPFA & UI membuktikan program makanan bergizi menurunkan angka gizi buruk anak 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News