Suap Pejabat Pertamina dengan 19 ribu Dolar Amerika Plus Jalan-Jalan ke London

Suap Pejabat Pertamina dengan 19 ribu Dolar Amerika Plus Jalan-Jalan ke London
Suap Pejabat Pertamina dengan 19 ribu Dolar Amerika Plus Jalan-Jalan ke London

jpnn.com - JAKARTA - Pengadilan Tipikor Jakarta menggelar sidang perdana kasus dugaan suap proyek TEL Pertamina tahun 2004-2005 dengan terdakwa Direktur PT Soegih Interjaya (SI) Willy Sebastian Liem, Senin (18/5). Agenda sidang kali ini adalah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dari KPK.

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Willy memberi suap senilai 190.000 dolar Amerika kepada Suroso Atmomartoyo sewaktu menjabat sebagai Direktur Pengelolaan PT Pertamina.

Suap bertujuan agar Suroso menyetujui produsen bahan kimia asal Amerika Serikat, Octel (sekarang Innospec) menjadi penyedia atau pemasok Tetraethy Lead (TEL) untuk kebutuhan kilang-kilang milik PT Pertamina periode bulan Desember 2004 dan 2005.

"Dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajiban," kata Jaksa Irene Putrie saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam dijelaskan bahwa TEL merupakan bahan additif untuk meningkatkan nilai oktan pada bahan bakar. Namun, penggunanya dapat menyebabkan hambatan pada lapisan katalis konverter.

"Sehingga membuat gas berbahaya dari hasil pembakaran bahan bakar dan satu sisi pembakaran TEL menghasilkan gas berbahaya dengan level yang sangat membayakan bagi kesehatan," ujar Jaksa.

Pada tahun 2003 Octel dan PT Pertamina membuat perjanjian kerjasama dalam bentuk MoU. Isi kesepakatan itu adalah Pertamina akan membeli TEL dari Octel pada periode tahun 2003 sampai dengan maksimal September 2004.

Namun, dalam waktu bersamaan pemerintah ternyata mencanangkan proyek langit biru, dimana salah satu isinya adalah menghapus penggunaan TEL dalam bensin dan solar per 31 Desember 2004.

JAKARTA - Pengadilan Tipikor Jakarta menggelar sidang perdana kasus dugaan suap proyek TEL Pertamina tahun 2004-2005 dengan terdakwa Direktur PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News