Sudah Saatnya Galang Solidaritas Nasional untuk Korban Sinabung

Sudah Saatnya Galang Solidaritas Nasional untuk Korban Sinabung
Sudah Saatnya Galang Solidaritas Nasional untuk Korban Sinabung

jpnn.com - JAKARTA - Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sudah berlangsung lebih dari setengah tahun. Namun, upaya penanganan terhadap pengungsi erupsi Sinabung dinilai tak maksimal.

Menurut Ketua Fraksi PKB DPR, Marwan Jafar, harusnya dalam persoalan Sinabung itu pemerintah pusat maupun daerah benar-benar mengedepankan pendekatan kemanusiaan. Menurutnya, jangan sampai pengungsi yang sudah dalam kondisi memprihatinkan justru tak mendapat penananganan yang baik karena persoalan politis dan birokratis.

"Masalah kemanusiaan harus didahulukan ketimbang masalah politik. Negara punya uang melalui dana darurat bencana. Ini harus bisa segera dicairkan," kata Marwan melalui layanan BlackBerry Messenger, Minggu (19/1).

Politisi muda PKB itu menambahkan, pengungsi erupsi Sinabung sudah sangat menderita dan membutuhkan bantuan untuk kebutuhan-kebutuhan pokok sekadar untuk menyambung hidup. Di sisi lain, katanya, pemerintah juga belum memiliki solusi dan langkah-langkah konkret.

Karenanya Marwan mendesak agar erupsi Sinabung ditetapkan sebagai bencana nasional. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk menggalang solidaritas nasional demi membantu para pengungsi yang semakin menderita.

"Untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjan, tidak ada kata lain kecuali sesegera mungkin, tanpa alasan apapun, menetapkan Sinabung dengan status sebagai bencana nasional. Kita bangun solidaritas nasional utk Sinabung," pungkas salahs atu Ketua di DPP PKB itu.(ara/jpnn)


JAKARTA - Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sudah berlangsung lebih dari setengah tahun. Namun, upaya penanganan terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News