Sudah Terangkat, Ekor Pesawat Ditarik Kapal

Sudah Terangkat, Ekor Pesawat Ditarik Kapal
Foto: Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com - PANGKALAN BUN - Upaya Tim SAR untuk mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya berbuah hasil.

Setelah melewati proses yang cukup rumit, ekor pesawat nahas yang ditemukan Rabu (7/1) berhasil diangkat dari kedalaman 35 meter ke permukaan laut sekitar pukul 12.00 WIB, Sabtu (10/1) siang.

Dipantau langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko, awalnya, tim kesulitan mengangkat bagian ekor pesawat nahas tersebut.

Padahal penyelam telah mengisi floating bag dengan 4 tabung udara. Kemudian 2-3 tabung udara lagi ditambahkan.

Pantauan Kalteng Pos (Grup JPNN), hingga pada pukul 12.00 tadi, floating bag yang bisa mengangkat barang seberat 10 ton itu muncul di permukaan laut. Disusul bagian ekor berupa potongan merah dengan huruf 'A' berwarna putih.

Ekor pesawat itu kemudian ditarik dengan menggunakan crane dari kapal Crest Onyx yang berjarak sekitar 500 meter dari KRI Banda Aceh. Akan dicek apakah di dalam ekor masih ada black box atau tidak.

Hingga saat ini, tim di lapangan masih berusaha menstabilkan posisi ekor pesawat di tengah kondisi gelombang dan angin yang tak bersahabat.(nto)

 


PANGKALAN BUN - Upaya Tim SAR untuk mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya berbuah hasil. Setelah melewati proses yang cukup rumit, ekor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News