Sugiono Bertekad Melanjutkan Perjuangan Retno Marsudi

Sugiono Bertekad Melanjutkan Perjuangan Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono berjabat tangan dengan Menlu RI periode 2014--2024 Retno Marsudi usai acara pisah sambut Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Senin (21/10/2024). (ANTARA/Nabil Ihsan)

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto melantik Sugiono menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) RI. 

Sugiono bertekad melanjutkan perjuangan dan beragam prestasi yang telah diraih pendahulunya, Retno Marsudi, saat bertugas menakhodai diplomasi Indonesia dalam Kabinet Merah Putih.

Sugiono mengatakan hal tersebut sesuai dengan salah satu pesan yang diberikan Retno kepadanya, yaitu supaya melanjutkan perjuangan diplomasi Indonesia.

Menurut Sugiono, apa yang ditinggalkan pendahulunya selama bertugas sebagai menlu RI di era Presiden Joko Widodo merupakan “sesuatu yang luar biasa” bagi Indonesia.

“Saya ingin melanjutkan perjuangan dan semua kebaikan yang telah ditinggalkan (Ibu Retno) di Kemlu dan dalam dunia diplomasi internasional,” kata Sugiono seusai acara pisah sambut dengan Menlu RI periode 2014–2024 Retno Marsudi di Jakarta, Senin (21/10).

Selain itu, Sugiono juga menyoroti amanat lain yang disampaikan Presiden Prabowo dalam pidato pelantikan, Minggu (20/10), yakni terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Kepedulian kita terhadap Palestina itu adalah sesuatu yang mutlak,” tegas Sugiono.

Oleh karena itu, Sugiono menyatakan bahwa persoalan Palestina tetap akan menjadi salah satu fokus Kemlu RI di bawah kepemimpinannya.

Menelu Sugiono bertekad melanjutkan perjuangan dan beragam prestasi yang telah diraih pendahulunya, Retno Marsudi, saat bertugas menakhodai diplomasi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News