Sultan: Program Makan Bergizi Gratis Sangat Penting untuk Membentuk Kualitas SDM Indonesia

Sultan: Program Makan Bergizi Gratis Sangat Penting untuk Membentuk Kualitas SDM Indonesia
Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin menilai program Makan Bergizi Gratis sangat penting dan mendesak dalam membentuk kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sultan mengibaratkan program andalan Presiden Prabowo Subianto itu seperti memupuk tanaman pada masa pertumbuhan.

Tanaman yang ditanam dengan bibit unggul lalu dipupuk secara teratur dan seimbang akan menghasilkan kualitas buah yang berkualitas serta bernilai jual tinggi.

“Kami percaya, masa depan suatu bangsa sangat terkait erat dengan treatment atau pendekatan kebijakan terhadap sumber daya manusianya saat ini. Kuantitas demografi yang tidak ditumbuhkan dengan pendekatan nutrisi yang cukup akan menjadi beban pembangunan SDM suatu bangsa,” ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Jumat (25/10).

Selain itu, lanjut Sultan, program makan Bergizi Gratis berpotensi menjadi sumber ekonomi baru di daerah.

Sultan melihat adanya peluang multiplaier effect yang dapat menumbuhkan geliat ekonomi pada sektor pertanian dan pangan di desa.

"Kami berharap agar program kerakyatan ini diintegrasikan dengan program Kemandirian pangan dan energi nasional. Agar para pelaku usaha tani dapat dijadikan supplier beras, sayuran, daging telur dan susu untuk mendukung terselenggaranya program tersebut,” tegasnya.

Mantan ketua HIPMI Bengkulu itu mengatakan bahwa puluhan triliun anggaran program Makan Bergizi Gratis yang mengalir hingga ke desa akan meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah. Artinya , akan ada jutaan peluang kerja baru yang bisa dikembangkan secara masif.

Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menilai program Makan Bergizi Gratis sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News