Sumut Berpeluang Ekspor Air ke Singapura

Sumut Berpeluang Ekspor Air ke Singapura
Sumut Berpeluang Ekspor Air ke Singapura
JAKARTA-Pemerintah Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), harus dapat melihat peluang melimpahnya sumber air bersih yang ada. Sebab air merupakan sumber kehidupan, dimana banyak negara sangat kesulitan untuk mendapatkannya. Oleh sebab itu, peluang untuk mengekspor air bersih ke mancanegara, sangat terbuka lebar.

Salah satunya diekspor ke Singapura. Tahun 1991 lalu menurut, Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon, pernah ada pembahasan akan hal tersebut. Dimana Singapura menginginkan air dari sungai Asahan dapat mereka manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang cukup tinggi di negeri tersebut.

“Saya ingat betul, bahwa pada tahun 1991 itu, ada pembahasan Singapura mau beli air sungai Asahan,” ujar salah satu kandidat cagub Sumut dari Partai Demokrat itu, di Jakarta, kemarin.

Namun tidak diketahui pasti apa yang menjadi alasan pembahasan tersebut batal terealisasi. Singapura justru akhirnya mendatangkan air bersih dari Malaysia. Hanya saja dipastikan perjanjian pasokan air bersih dari Malaysia tersebut akan berakhir tahun 2018 mendatang. “Malaysia katanya akan menghentikan pasokan,” ujar Cornel.

JAKARTA-Pemerintah Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), harus dapat melihat peluang melimpahnya sumber air bersih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News