Surat An-Nisa' Ayat 34 Belah Ulama Australia Soal Isu KDRT

Surat An-Nisa' Ayat 34 Belah Ulama Australia Soal Isu KDRT
Surat An-Nisa' Ayat 34 Belah Ulama Australia Soal Isu KDRT

Selama beberapa dekade, surat An-Nisa' ayat 34 telah menjadi sumber perdebatan sengit tentang apakah dan sejauh mana Islam memberi sanksi pada otoritas laki-laki dan tindakan memukul perempuan.

Meskipun para cendekiawan Muslim terbelah atas beberapa poin - termasuk terjemahan bahasa Arab yang benar dari kata "wa-dribuhunna', yang telah diterjemahkan sebagai "memukul mereka" dan "menyerang mereka", tetapi juga "berpisah" dan "pergi" dari mereka -ayat tersebut menyatakan bahwa seorang perempuan pemberontak pertama-tama harus dinasihati oleh suaminya, lalu ditinggalkan di tempat tidur dan, akhirnya, jika ketidaktaatannya berlanjut, dipukuli.

Ayat tersebut telah menjadi duri bagi para pekerja kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan aktivis hak-hak perempuan, yang mengatakan hal itu memicu penyalahgunaan di komunitas Muslim dan menghalangi para korban untuk meminta bantuan.

Sekarang, generasi baru Ulama di Australia menentang kondisi status quo itu dan berbicara untuk mempromosikan tafsir An-Nisa' ayat 34 tanpa kekerasan dengan harapan mereka bisa menghentikan kerusakan yang telah terjadi selama beberapa dekade.

Pemimpin agama "benar-benar" memiliki tanggung jawab untuk mendiskusikan An-Nisa' ayat 34 dengan komunitas mereka, kata Sheikh Alaa El Zokm, seorang Ulama di Melbourne -seraya menekankan bahwa hal itu tak boleh digunakan untuk memaafkan kekerasan.

Pada saat yang sama, ia menambahkan, banyak pemimpin yang tidak memenuhi syarat dalam keilmuan Islam, dan hanya menerjemahkan terjemahan harfiah yang mereka ambil.

"Seorang Ulama seharusnya tidak membicarakan masalah ini kecuali ia belajar dan tahu apa yang ia bicarakan ... Ini bisa sangat berbahaya jika ia mengatakan sesuatu yang tidak benar."

Surat An-Nisa' Ayat 34 Belah Ulama Australia Soal Isu KDRT Photo: Perempuan Muslim merenungkan kitab suci Al-Quran. (Amani Haydar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News