Survei IDM: Elektabilitas Rudy Mas'ud-Seno Aji Mengungguli Isran Noor-Hadi Mulyadi

Survei IDM: Elektabilitas Rudy Mas'ud-Seno Aji Mengungguli Isran Noor-Hadi Mulyadi
Survei IDM menunjukkan elektabolitas pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji mengungguli Isran Noor-Hadi Mulyadi dalam Pilgub Kaltim 2024. Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, SAMARINDA - Indonesia Development Monitoring (IDM) melakukan survei pemetaan sikap dan perilaku calon pemilih untuk tingkat elektabilitas dua pasangan calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilkada Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Eksekutif IDM Heru Supriyatno mengungkapkan hasil survei menunjukkan elektabilitas Rudy Mas'ud-Seno Aji unggul dibandingkan dengan pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi.

"Dalam simulasi menggunakan pertanyaan tertutup, hasilnya Rudy Mas'ud-Seno Aji berada di angka 59,1 persen, dan Isran Noor-Hadi Mulyadi 36,3 persen, dan tidak memilih sebanyak 4,6 persen," kata Heru dalam keterangannya, Senin (16/9.

Rudy Masud -Seno Aji juga unggul dalan simulasi pertanyaan terbuka pada responden terkait pasangan calon yang akan dipilih jika Pilgub Kaltim digelar hari ini.

"Hasilnya, elektabilitas Rudy Masud-Seno Aji berada di angka 50,2 persen, Isran Noor-Hadi Mulyadi 33,4 persen, dan tidak memilih sebanyak 16,4 persen," beber Heru.

Heru mengatakan hasil survei menunjukkan publik Kaltim tahu benar banyak masalah-masalah yang belum bisa diselesaikan selama periode pemerintahan Isran Noor-Hadi Mulyadi di lima tahun.

Karena itu, kekalahan tingkat keterpilihan Isran Noor-Hadi Mulyadi dalam survei menjadi simbol masyarakat ingin adanya perubahan dalam kepemimpinan di Kaltim.

Dalam survei, lanjut Heru, ditemukan responden menyebut kondisi infrastruktur jalan di sejumlah daerah Kaltim sangat memprihatinkan.

Survei IDM menunjukkan elektabolitas pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji mengungguli Isran Noor-Hadi Mulyadi dalam Pilgub Kaltim 2024, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News