Survei Lemkapi: Masyarakat Puas dengan Kepemimpinan Jokowi di Aspek Keamanan

Survei Lemkapi: Masyarakat Puas dengan Kepemimpinan Jokowi di Aspek Keamanan
Pengamat kepolisian Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Lemkapi melakukan survei terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam negeri.

Survei ini dilakukan untuk mengukur bagaimana kepuasan masyarakat atas kebijakan keamanan Presiden Jokowi dalam membina keamanan dan ketertiban masyarakat bersama jajaran kepolian selama pemerintahannya.

Survei digelar pada 15-30 September 2024. Hasil survei ditemukan selama pemerintahan Presiden Jokowi, khususnya dalam lima tahun terakhir tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembinaan keamanan Presiden Jokowi berada pada angka 85,4 persen.

"Kami melihat Presiden Jokowi sangat fokus menjaga keamanan dalam negeri sehingga masyarakat merasa nyaman. Pembinaan presiden terhadap Kapolri dan Panglima TNI dinilai sangat baik. Hasil survei dari tahun ke tahun semakin baik," kata dia.

Menurut Edi, kinerja Presiden Jokowi dalam membina keamanan negara baik berdasarkan hasil survei disebabkan karena kepemimpinan yang membuat sinergitas Kapolri dan Panglima TNI dalam mengamankan berbagai kegiatan nasional dan internasional sangat baik dan kondusif.

Mulai dari pelaksanaan Pilres, pengamanan lebaran, serta berbagai acara nasional dan internasional yang digelar di Indonesia.

Pelaksanaan survei kinerja Presiden Jokowi ini melibatkan jaringan mahasiswa di seluruh Indonesia dengan jumlah 1.200 responden dan berusia 17 tahun ke atas.

Survei dilakukan menggunakan wawancara dengan metode tatap muka multi stage random sampling. Tingkat kepercayaan terhadap hasil survei ini 95 persen dengan margin of error 2.9 persen.

Pelaksanaan survei kinerja Presiden Jokowi ini melibatkan jaringan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News