Survei LKPI: Elektabilitas Helldy-Alawi Unggul di Pilkada Cilegon

Survei LKPI: Elektabilitas Helldy-Alawi Unggul di Pilkada Cilegon
Ilustrasi pemilih Pilkada 2024. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, CILEGON - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil preferensi pilihan politik warga Kota Cilegon jelang Pilkada 2024.

Direktur Eksekutive Togu Lubis menyatakan survei dilakukan untuk mengukur peta kekuatan elektoral dari ketiga paslon Walikota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Pada simulasi pertanyaan terbuka kepada 1480 responden terkait pilihan responden terhadap ketiga paslon kepala daerah Cilegon jika digelar hari ini maka secara pilihan Top of Mind, pasangan nomor urut 2 Helldy Agustian-Alawi Mahmud mengungguli kedua paslon pesaingnya dengan dipilih sebanyak 43,7 persen.

"Kemudian, di urutan kedua pasangan calon nomor urut satu Robinsar-Fajar dipilih sebanyak 20,8 persen, dan di urutan ketiga Isro Mi’raj -Nurrotul Uyun dipilih sebanyak 16,7 persen, dan tidak memilih sebanyak 18,8%," kata Togu dalam keterangannya, Jumat (4/10).

Togu melanjutkan pada simulasi pertanyaan tertutup yang biasanya diberikan dalam kuesioner memberikan hasil yang sama.

Hasilnya, Helldy Agustian -Alawi Mahmud dipilih sebanyak 53,4 persen, dan Robinsar-Fajar dipilih sebanyak 22,2 persen.

Kemudian, pasangan Isro Mi’raj -Nurrotul Uyun dipilih sebanyak 18,7 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 5,7 persen.

Togu menyebut hasil survei elektabilitas dengan simulasi surat suara yang diberikan kepada responden mencatatkan hasil dukungan suara untuk Helldy Agustian-Alawi Mahmud dipilih sebanyak 55,8 persen, dan Robinsar-Fajar dipilih sebanyak 21,3 persen.

Survei LKPI menunjukkan elektabilitas petahana Helldy-Alawi mengungguli kedua paslon pesaingnya di Pilkada Cilegon 2024, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News