Survei LSI, Dukungan Anies Bisa Dompleng Suara Pram-Rano atau Ridwan Kamil-Suswono

Survei LSI, Dukungan Anies Bisa Dompleng Suara Pram-Rano atau Ridwan Kamil-Suswono
Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut suara pendukung Anies Baswedan disebut dapat mempengaruhi kompetisi Pilgub DKI Jakarta 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei pemilihan gubernur DKI Jakarta dengan judul 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta' pada Rabu (18/9).

Dalam paparan LSI, suara pendukung Anies Baswedan disebut dapat mempengaruhi kompetisi Pilgub DKI Jakarta.

Dukungan Anies dinilai bakal signifikan untuk mendompleng suara untuk pasangan Pramono Anung-Rano Karno.

"Bagi RK-Suswono, akan lebih menguntungkan bila Anies menyampaikan sikap mendukung pasangan tersebut atau minimal bersikap netral. Bagi, Pram-Rano, dukungan Anies akan membuka jalan lebih lebar untuk tetap kompetitif dan memenangkan pilgub," bunyi paparan LSI.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menuturkan jika Anies mendukung Pramono-Rano, maka itu bisa menurunkan elektabilitas RK-Suswono.

Namun, bila Anies mendukung RK-Suswono, itu tidak akan mempengaruhi elektabilitas RK-Suswono dan Pramono-Rano.

"Jika Anies mendukung Pramono-Rano maka akan menurunkan elektabilitas RK-Suswono secara signifikan dari 51,7 persen menjadi 40,5 persen, sehingga jarak suara antara RK-Suswono dan Pramono-Rano menjadi lebih kecil, dari 22,7 persen menjadi 9 persen," kata dia.

Dalam eksperimen tersebut, LSI tidak memasukkan pasangan Dharma-Kun. Sebab, elektabilitas Dharma-Kun dinilai masih jauh dari dua paslon.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei pemilihan gubernur DKI Jakarta dengan judul 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News