Survei LSI Pilkada Jateng, Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang Bersaing

Survei LSI Pilkada Jateng, Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang Bersaing
Dokumentasi - Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dan minum teh bersama dengan sejumlah pengurus PSI, di antaranya Ketum Kaesang Pangarep, dan sejumlah kader muda PSI di Braga Permai, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2). Ilustrasi : Source for JPNN

jpnn.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersaing sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi dalam temuan teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) berjudul Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah (Jateng).

Luthfi unggul dalam simulasi terbuka survei LSI memiliki elektabilitas sebesar 5,2 persen, sedangkan Kaesang memperoleh 2,5 persen menjelang pilkada Jateng.

Survei LSI Pilkada Jateng, Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang BersaingKapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi bersilaturahmi dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Quran KH Ahmad Bahauddin Nursalim di Rembang, Rabu. (ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng)

Tokoh lain yang punya elektabilitas tinggi dalam simulasi terbuka ialah politikus Gerindra Sudaryono (2,1 persen), Ketua Bappilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Pacul (1,8 persen), hingga Bupati Kendal yang juga politikus Golkar Dico Ganinduto (1,7 persen).

Namun, elektabilitas Kaesang yang juga putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi tertinggi dalam simulasi 21 nama dengan 15,9 persen. 

Luthfi menempati posisi kedua dalam simulasi ini dengan elektabilitas 12,9 persen. Berikutnya, ditempati oleh politikus Gerindra Ahmad Wachid (7,8 persen), artis sekaligus pengusaha Raffi Ahmad (6,8 persen), dan Pacul (5,8 persen).

"Dalam simulasi semi terbuka 21 nama, Kaesang Pangarep paling banyak dipilih," demikian rilis resmi LSI seperti dikutip Senin (1/7).

LSI dalam survei teranyar mengungkapkan alasan responden memilih para tokoh dalam simulasi terbuka atau terbatas 21 nama.

Elektabilitas Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dan Ketum PSI Kaesang Pangarep bersaing menjelang Pilkada Jateng 2024 mengacu survei LSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News