Survei Pilgub Papua Tengah, Willem Wandik-Aloysius Giyai Unggul Telak

Survei Pilgub Papua Tengah, Willem Wandik-Aloysius Giyai Unggul Telak
Panel Survei Indonesia merilis hasil survei terbarunya yang menujukkan Willem Wandik-Aloysius Giyai unggul telak di Pilgub Papua Tengah, bagaimana kandidat lainnya? Ilustrasi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PAPUA TENGAH - Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Dominico Bagas mengatakan pada dengan sistem noken dalam berbagai simulasi, pasangan Willem Wandik - Aloysius Giyai Peroleh unggul dalam survei di Pilgub Papua Tengah.

"Hasil survei menunjukkan pilihan masyarakat terhadap pasangan calon kepala daerah Papua Tengah Willem Wandik -Aloysius Giyai berada di urutan pertama dengan 62,7 persen," kata Bagas dalam keterangannya, Rabu (11/9).

Kemudian posisi kedua pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan 12,1 persen, ketiga pasangan Meki Nawipa-Denas Geley dengan 7,9 persen.

Selanjutnya di posisi keempat atau terakhir pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius Youw dengan 5,4 persen, dan tidak memilih sebanyak 11,9 persen.

Bagas mengatakan, dalam survei juga responden diminta menilai kapabilitas pasangan calon kepala daerah.

Kapabilitas yang dinilai dalam survei tersebut meliputi beberapa nilai, yaitu visioner, intelektualitas, kemampuan memerintah (governability), kemampuan politik, komunikasi politik, dan kepemimpinan (leadership).

"Hasil survei menunjukkan kapabilitas pasangan Willem Wandik -Aloysius Giyai unggul dibandingkan para pesaingnya, yaitu dengan skor 89,2 persen. Posisi berikutnya ditempati pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan skor 51,7 persen, pasangan Meki Nawipa -Denas Geley dengan skor 49,2 persen, dan pasangan John Wempi Wetipo -Ausilius Youw dengan skor 47,6 persen," papar Bagas.

Hasil survei juga menemukan bahwa masyarakat Papua Tengah memiliki pertimbangan dalam menentukan pilihan terhadap pasangan calon kepala daerahnya.

Panel Survei Indonesia merilis hasil survei terbarunya yang menujukkan Willem Wandik-Aloysius Giyai unggul telak di Pilgub Papua Tengah, bagaimana rivalnya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News