Survei TBRC: Elektabilitas Faiz -Suyono Ungguli Fallas -Ahmad di Pilkada Batang

Survei TBRC: Elektabilitas Faiz -Suyono Ungguli Fallas -Ahmad di Pilkada Batang
Survei TBRC menunjukkan elektabilitas pasangan Faiz Kurniawan-Suyono mengungguli Fallas-Ahmad Ridwan di Pilkada Batang 2024. Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, BATANG - Gaung Pilkada Batang 2024 kian terasa, ditunjukkan dengan persaingan dua kandidat yang dinamis.

Untuk mengetahui kondisi ini secara lebih komprehensif, Timur Barat Research Center (TBRC) lembaga penelitian kebijakan dan opini publik yang bersifat non-profit melakukan penelitian independen.

"Survei dilakukan pada periode 6-16 September 2024 di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang," kata Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo dalam keterangannya, Sabtu (21/9).

Penelitian ini, kata Johanes, menarik untuk dilakukan guna memahami preferensi pemilih yang berubah seiring waktu.

Selain itu, menyediakan gambaran jelas mengenai peluang kandidat calon bupati dalam memenangkan Pilkada berdasarkan tingkat dukungan yang diterima. 

Populasi survei ini adalah seluruh warga Kabupaten Batang yang memiliki hak pilih dalam Pilkada 2024, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah saat survei dilakukan. 

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap 1200 responden yang dipilih.menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Adapun tingkat kesalahan atau Margin of Error (MoE) -/+ 2,83 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Survei TBRC menunjukkan elektabilitas Faiz Kurniawan-Suyono mengungguli Fallas-Ahmad Ridwan di Pilkada Batang 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News