Susu Bayi Buatan Tiongkok Akibatkan Gangguan Ginjal

Susu Bayi Buatan Tiongkok Akibatkan Gangguan Ginjal
Susu Bayi Buatan Tiongkok Akibatkan Gangguan Ginjal
BEIJING - Korban akibat susu formula yang terkontaminasi melamin semakin bertambah. Jumlah bayi yang jadi korban akibat mengonsumsi susu beracun itu mencapai 432. Sebelumnya, dilaporkan 1 bayi  meninggal dan 13 lainnya sakit parah gagal ginjal karena mengkonsumsi susu formula merek Sanlu.

Melihat perkembangan kasus tersebut, pemerintah Tiongkok janji serius menangani. ’’Ini merupakan insiden keamanan pangan yang sangat serius,’’ ujar Gao Qiang, pejabat kementerian kesehatan Tiongkok. Ditambahkannya, pemerintah  memberlakukan status darurat atas kasus tersebut.

Pemerintah juga membantah tudingan bahwa mereka lamban menindaklanjuti kasus yang mencuat sepekan belakangan ini. Dikatakan, 19 orang telah ditahan terkait kasus susu beracun tersebut.. Sedangkan 78 yang lain diinterogasi soal bagaimana bahan kimia berbahaya tersebut bisa meracuni produk makanan untuk bayi.

Untuk menelusuri kasus ini, pemerintah membentuk tim khusus yang melibatkan kementerian kesehatan, badan pengawas makanan, serta pemerintah lokal. Pemerintah juga menunjuk pemerintah provinsi Hebei, markas Sanlu Group, untuk menghentikan sementara kegiatan produksi sampai penyelidikan usai.  

Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa susu bayi Sanlu yang terkontaminasi telah mengakibatkan batu ginjal pada para bayi yang jadi korban. Padahal, lazimnya kasus batu ginjal terjadi pada orang dewasa. Para bayi korban susu beracun ini akan mendapatkan perawatan intensif yang ditanggung oleh pemerintah.

BEIJING - Korban akibat susu formula yang terkontaminasi melamin semakin bertambah. Jumlah bayi yang jadi korban akibat mengonsumsi susu beracun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News