Sutiyoso Tuding Aparat Lakukan Pembiaran

Terhadap Para Pelaku Aksi Kekerasan

Sutiyoso Tuding Aparat Lakukan Pembiaran
Sutiyoso Tuding Aparat Lakukan Pembiaran
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta menuding aparat penegak hukum saat ini cenderung membiarkan tindakan anarkis yang dilakukan oleh kelompok dan ormas. Menurut mantan Pangdam Jaya itu, pembiaran akan membuat pelaku anarkis bakal mengulangi perbuatannya.

"Pembiaran tindakan anarkis oleh aparat penegak hukum jelas akan memancing para pelaku untuk mengulangi perbuatannya," tegas Sutiyoso, di Jakarta, Kamis, (30/9). Menurut Sutiyoso, pembiaran aparat terhadap tindakan anarkis akhir-akhir ini semakin memperkuat dugaan bahwa pemimpin di institusi bersangkutan lemah. "Lho, gimana itu? Segerombolan orang bawa senjata dibiarkan dan tidak ada tindakan tegas dan keras oleh kepolisian," gugatnya.

Banyaknya pelaku aksi anarkis, kata Sutiyoso, ternyata tidak membuat polisi bertindak sigap dengan menangkap dan menyeret ke pengadilan. Justru yang terjadi sebaliknya, polisi membiarkan mereka beraksi secara bebas hingga mengakibatkan tewasnya pihak lain.

Lebih jauh Sutiyoso juga mempertanyakan tumpulnya kinerja institusi inteligen kepolisian untuk melakukan deteksi dini berbagai potensi kerusahaan. "Padahal informasi awal tentang berbagai potensi kerusahan merupakan pertimbangan mendasar untuk mengambil langkah-langkah antisipasi. Upaya ini yang sama sekali tidak terlihat hingga aparat sering bingung ketika sebuah konflik meletus," tegasnya.

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta menuding aparat penegak hukum saat ini cenderung membiarkan tindakan anarkis yang dilakukan oleh kelompok dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News