SYB Otaki Kerusuhan Temanggung

Ditangkap dan Langsung Ditahan

SYB Otaki Kerusuhan Temanggung
SYB Otaki Kerusuhan Temanggung
TEMANGGUNG - Kapolda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang menyatakan SYB merupakan dalang dibalik semua kerusuhan yang terjadi di Temanggung. Inisial SYB yang disampaikan Kapolda mengarah pada nama Syihabudin yang ditangkap pagi hari kemarin (12/2). Kapolda menegaskan bahwa warga Kecamatan Wonoboyo, Temanggung tersebut merupakan aktor intelektual yang membuat massa melakukan tindakan anarkis.

Peran SYB dalam kerusuhan tersebut, terang Edward, adalah mengorganisir dan mengarahkan massa dalam kerusuhan tersebut. Pengorganisiran yang dimaksud adalah pada satu hari sebelum kerusuhan terjadi, SYB diketahui mengumpulkan sejumlah orang untuk diberikan pengarahan hingga saat pemberangkatan untuk menyaksikan sidang penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan, 50.

"SYB merupakan aktor yang telah mengarahkan,mengorganisir, dan memberi tugas yang jelas. Mereka menerima uang bensin dan nasi bungkus, mungkin dari uang sendiri SYB atau simpatisan. Dana yang digunakan untuk menggalang massa masih kami lakukan pendalaman, dari mana dana diperoleh," katanya.

Dia mengatakan, motivasi SYB melakukan tindakan tersebut karena tidak puas dengan vonis yang dijatuhkan majelis hakim kepada terdakwa Antonius Richmond Bawengan dengan hukuman lima tahun penjara. "Sesuai Pasal 156 huruf a KUHP, hukuman tersebut sudah maksimal. Namun, pemahaman bagi mereka hukuman maksimal adalah hukuman mati," katanya.

TEMANGGUNG - Kapolda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang menyatakan SYB merupakan dalang dibalik semua kerusuhan yang terjadi di Temanggung. Inisial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News