Tabulasi KPU Gagal

Ditutup dengan Angka 13.165.902 Suara, KPU Berdalih Kesalahan SDM

Tabulasi KPU Gagal
Tabulasi KPU Gagal
JAKARTA - Tabulasi suara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi berakhir semalam. Namun, hingga penutupan, ternyata jumlah suara yang masuk sangat jauh yang diharapkan. Sehingga, bagi sebagian pihak, tabulasi tersebut telah gagal.

 

“Kami nyatakan tabulasi telah gagal. Karena raihan suaranya hanya sepuluh persen saja. Itu tidak sesuai dengan dana yang mereka kucurkan untuk proyek teknologi yang dianggap canggih tersebut,” ujar Koordinator Lingkar Madani (LIMA) Indonesia, Ray Rangkuti, Selasa (20/4).

Menurut Ray, KPU harus bertanggung jawab secara moril dan materil. Selain itu, dia juga menyesalkan tidak maksimalnya sistem tabulasi, sebagaimana target yang diinginkan disaat awal pembukaan tabulasi tersebut sebanyak 80 persen.

 

Berdasarkan data Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), alokasi Dipa tabulasi TI pemilu berjumlah Rp 79,8 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari tabulasi hasil suara pileg (manual dan elektronik) sebesar Rp 37,8 miliar; penetapan hasil pileg Rp 2,9 miliar; tabulasi hasil suara pileg (manual dan elektronik) sebesar Rp 9,2 miliar.

 

JAKARTA - Tabulasi suara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi berakhir semalam. Namun, hingga penutupan, ternyata jumlah suara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News