Tahun Depan Target Swasembada Kedelai

Tahun Depan Target Swasembada Kedelai
Tahun Depan Target Swasembada Kedelai
PURWOKERTO- Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM menarget Kabupaten Banyumas harus mampu swasembada kedelai pada tahun 2013. Hal itu disampaikan Mardjoko saat penyerahan secara simbolis bantuan traktor tangan (hand tractor) kepada Ketua Kelompok Tani di kantor Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dinpertanbunhut) Kabupaten Banyumas, Rabu (5/12).

Mardjoko mengatakan, target tersebut bisa terealisasi dengan kerjasama semua pihak. Utamanya, para Poktan yang menjadi produsen. "Sebenarnya mampu meningkatkan luas lahan tanam hingga 10 ribu hektar, dari luas saat ini yang baru mencapai 4 ribu hektar. Dengan luasan ini diharapkan Banyumas mampu berswasembada kedelai," ujar Mardjoko,.

Mardjoko memberikan strategi penanaman pertanian secara bergantian. Yaitu sistem padi-padi-palawija. Menurutnya, sistem tersebut petani menanam padi sebagai komoditas utama selama dua musim tanam secara berturut-turut. Selanjutnya, diselingi dengan penanaman palawija untuk satu musim tanam sebelum kembali menanam padi.

Khusus palawija, Mardjoko mengimbau kepada petani menggunakan teknik baru, yaitu membuat lubang tanam biji (panja) tepat di tengah pokok rumpun padi setelah dipotong. Bukan di sebelahnya seperti yang banyak dilakukan petani selama ini. "Dengan teknik ini, benih palawija akan tumbuh dengan lebih baik, karena pokok padi mampu menyimpan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman," katanya.

PURWOKERTO- Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM menarget Kabupaten Banyumas harus mampu swasembada kedelai pada tahun 2013. Hal itu disampaikan Mardjoko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News