Tahun Depan, Tiga Budaya Indonesia Diakui Dunia

Tahun Depan, Tiga Budaya Indonesia Diakui Dunia
Tahun Depan, Tiga Budaya Indonesia Diakui Dunia
JAKARTA - Indonesia berupaya agar mata budaya yang ada dapat diakui dunia. Pemerintah mengupayakan tahun depan tiga mata budaya dapat terdaftar di UNESCO.

"Saat ini, kita mengupayakan tiap tahun (ada) satu mata budaya yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia dan Daftar Representasi Warisan Budaya Tak-Benda dan Kemanusiaan," kata Menko Kesra Agung Laksono, saat membuka acara serah terima sertifikat UNESCO terhadap warisan budaya Indonesia, yakni wayang, keris, batik dan 'Best Practice' Diklat Warisan Batik Indonesia, Jumat (5/2).

Dengan demikian, lanjut Agung, selalu ada aksi untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, agar tidak punah atau diakui oleh pihak lain. Agung menargetkan, tahun depan tiga mata budaya Idonesia dapat terdaftar dan mendapat sertifikat UNESCO yang sama. Walaupun dia menyadari, proses pengajuan agar sebuah mata budaya masuk dalam Daftar Warisan Dunia itu membutuhkan waktu yang lama.

"September ini, angklung kita harapkan masuk dalam Daftar Warisan Dunia. Setelah itu, Februari tahun depan, kita mengajukan tari Saman dari Aceh," tambahnya.

JAKARTA - Indonesia berupaya agar mata budaya yang ada dapat diakui dunia. Pemerintah mengupayakan tahun depan tiga mata budaya dapat terdaftar di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News