Tahun Ini Naik Haji Bisa Pakai Paspor Hijau

Tahun Ini Naik Haji Bisa Pakai Paspor Hijau
Tahun Ini Naik Haji Bisa Pakai Paspor Hijau
JAKARTA - Ada kabar mengejutkan dari tanah suci. Mulai musim haji 2009, Kerajaan Arab Saudi akan menghapus mekanisme paspor khusus haji alias paspor cokelat. Ke depan, semua jamaah haji bisa menggunakan paspor internasional atau paspor hijau untuk menunaikan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

''Peraturan baru akan diberlakukan mulai 1430 Hijriah atau 2009,'' demikian pengumuman pemerintah Arab Saudi dalam situs resminya.

Ketentuan tersebut dikeluarkan Kementerian Urusan Haji Arab Saudi pada 3 Desember 2008. Selama ini, berdasar peraturan perundangan yang berlaku di tanah air, jamaah haji Indonesia menggunakan paspor khusus berwarna cokelat yang dibuat untuk memudahkan pengawasan dan pendataan jamaah.

Kabar tersebut tentu menyulitkan Departemen Agama sebagai operator tunggal pelaksana haji di Indonesia. Dengan jumlah jamaah haji terbesar di dunia, penghapusan mekanisme paspor cokelat akan membuka lebar peluang bagi jamaah haji nonkloter atau haji ilegal untuk berangkat ke tanah suci dengan penerbangan komersial.

JAKARTA - Ada kabar mengejutkan dari tanah suci. Mulai musim haji 2009, Kerajaan Arab Saudi akan menghapus mekanisme paspor khusus haji alias paspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News