Tak Ada Jaminan Kader Demokrat dan Golkar Dukung Prabowo-Hatta

Tak Ada Jaminan Kader Demokrat dan Golkar Dukung Prabowo-Hatta
Tak Ada Jaminan Kader Demokrat dan Golkar Dukung Prabowo-Hatta

jpnn.com - JAKARTA - Pakar Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengatakan, tidak ada jaminan dukungan elit politik mengalir ke kadernya.

"Tidak ada jaminan kader Partai Demokrat akan mendukung Prabowo-Hatta, tidak ada jaminan bahwa kader Golkar akan mendukung Prabowo. Jika PDIP mendukung Jokowi atau Gerindra mendukung Prabowo itu wajar karena jagoannya," ungkap Hamdi, di Jakarta, Minggu (6/7).

Dijelaskan Hamdi, dukungan partai yang terbelah lebih mengedepankan figur, ketimbang ideologi partai politik. Menurutnya, tidak ada perbedaan antara partai berideologi Islam, liberal atau pun sosialis untuk mendukung calon yang ada.

“Kita tidak memiliki basis ideologi yang jelas, jadinya pemilih lebih melihat karakter capres. Contohnya, Jokowi lebih dilihat karena karakternya, cacatnya dan sejarahnya," kata Hamdi.

Kendati demikian, Hamdi mengingatkan bahwa kompetisi ini merupakan ha; biasa yang tidak akan menimbulkan konflik di tingkat masyarakat.

"Sejauh ini memang ada pergesekan di masyarakat. Tetapi seperti pertandingan sepak bola, pilpres bukan perang badar. Jadi setelah pilpres akan berjalan seperti biasa," pungkas Hamdi. (boy/jpnn)


JAKARTA - Pakar Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengatakan, tidak ada jaminan dukungan elit politik mengalir ke kadernya. "Tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News