Tak Ingin Pilkada Diwarnai Golput, Aliansi Relawan Rido: Tiap Suara Sangat Berarti 

Tak Ingin Pilkada Diwarnai Golput, Aliansi Relawan Rido: Tiap Suara Sangat Berarti 
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Sejumlah perkumpulan seperti Komunitas Peduli Stunting Jakarta, Relawan Kurniasih, Jakarta Pemuda Rido (Jakpro), Komunitas Senam Rido, dan Komunitas Warga Jakarta Pusat (JKP) membentuk Aliansi Relawan Rido Jakarta.

Aliansi ini kemudian melaksanakan deklarasi Gerakan Pilkada Damai di Jakarta pada Rabu (25/9) demi mendorong partisipasi pemilih dalam kontestasi politik provinsi berikon Monas.

Ketua Aliansi Relawan Rido Jakarta Miriani Kamaliah menyebut gerakan yang dibuat pihaknya sebagai inisiatif untuk memastikan pesta demokrasi berjalan lancar, tertib, dan aman.

Miriani mengatakan penting menjaga integritas demokrasi melalui partisipasi yang aktif seperti dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Kami berharap, melalui gerakan ini, masyarakat Jakarta dapat semakin memahami pentingnya memberikan suara dan menolak sikap apatis terhadap pemilu,” ujar dia, Rabu.

Miriani melanjutkan bahwa apatisme politik yang sering kali terjadi dapat merugikan masyarakat Jakarta lima tahun ke depan.

Dia mengatakan aksi golput dalam pilkada akan membuat warga kehilangan kesempatan berkontribusi menentukan arah positif bagi wilayah.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk melihat Pilkada sebagai kesempatan emas dalam menentukan arah kebijakan DKI Jakarta. Setiap suara sangat berarti untuk masa depan kita bersama," lanjut Miriani.

Ketua Aliansi Relawan Rido Jakarta Miriani Kamaliah mengatakan pihaknya tidak ingin golput mewarnai kontestasi politik, termasuk di Pilkada Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News