Tak Salami Try Sutrisno, Jokowi Dinilai Perlu Minta Maaf

Tak Salami Try Sutrisno, Jokowi Dinilai Perlu Minta Maaf
Dokumentasi - Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Sabang Merauke Cirle (SMC) Syahganda Nainggolan mengomentari potongan video viral yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berjabatan tangan dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno saat menghadiri peringatan HUT ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Syahganda menilai dalam hal ini Presiden Jokowi perlu meminta maaf kepada Try Sutrisno dan keluarganya. Karena ada kesan dia abai untuk menyalami Try Sutrisno yang merupakan orang tua sekaligus tokoh senior bangsa.

"Itu sikap yang tidak beretika dan tidak menghargai orang tua selayaknya tidak terjadi," ujar Syahganda dalam keterangannya, Senin (7/10).

Menurut Syahganda, Try Sutrisno bukan saja pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI (12 Maret 1993- 11 Maret 1998), tetapi juga menjabat Panglima TNI (waktu itu Pangab 27 Februari 1988 - 16 Februari 1993).

Sebagaimana diketahui dalam acara acara Peringatan HUT ke-79 TNI di lapangan Silang Monas Jakarta itu, ada momen awalnya, Presiden Jokowi  diminta atau dipersilakan oleh MC dalam acara itu untuk beristirahat sejenak di mimbar kehormatan.

Sebelum beristirahat, Jokowi dan Ma'ruf Amin pun menyempatkan diri untuk bersalaman dengan tamu lain yang duduk sejajar dengannya. Yakni, Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK), Wapres ke-11 Boediono hingga istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah.

Namun, ketika itu Jokowi terlihat tidak menyalami Try Sutrisno beserta istri yang duduk di sebelah Boediono.

Saat itu jenderal sepuh tersebut terlihat sudah berusaha untuk bangun dari kursinya yang sempat dibantu istri. Namun, karena tidak disalam, Try Sutrisno pun duduk kembali.

Presiden Joko Widodo dinilai perlu meminta maaf atas insiden yang terlihat pada potongan video viral, tidak menyalami Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News