Tambah Stok BBM Jelang MotoGP, Pertamina Jaga Citra Indonesia di Mata Dunia

Tambah Stok BBM Jelang MotoGP, Pertamina Jaga Citra Indonesia di Mata Dunia
MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika. Foto: MotoGP

jpnn.com, MANDALIKA - Peneliti ekonomi Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta mendukung upaya Pertamina, yang meningkatkan stok semua produk BBM hingga lima kali lipat menjelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 atau MotoGP Mandalika, pada 27-29 September 2024.

Sebelumnya, Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menambah stok BBM di wilayah Lombok dan sekitarnya hingga lima kali lipat rata-rata konsumsi normal.

Menurut Acu, selain menghindari kelangkaan BBM di tengah meningkatnya wisatawan dan penonton, langkah tersebut juga untuk menjaga citra Indonesia di mata internasional.

“Menjaga citra Indonesia. Pasalnya, jika animo untuk menonton MotoGP tinggi tetapi BBM tidak mencukupi, maka dunia akan melihatnya sebagai citra buruk. Dunia internasional akan menilai, Indonesia tidak mampu menyediakan BBM untuk event internasional. Itu kan berbahaya,” ujar Acu.

Menurut Acu, Pertamina tentu sudah memperhitungkan dan mengantisipasi kebutuhan BBM selama perhelatan akbar tersebut, termasuk Avtur.

Dia menilai, langkah Pertamina tersebut harus diapresiasi karena juga menjamin masyarakat tetap memperoleh suplai BBM ketika permintaan meningkat tajam menjelang, selama, dan setelah perhelatan MotoGP.

“Saya kira itu positif untuk mendukung perhelatan MotoGP,” kata Acuviarta.

Terkait Avtur, upaya Pertamina menambah stok Avtur di Bandara International Lombok (BIL), dari 110 kiloliter menjadi 176 kiloliter, juga harus diapresiasi.

Selain menghindari kelangkaan BBM di tengah meningkatnya wisatawan dan penonton, langkah tersebut juga untuk menjaga citra Indonesia di mata internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News