Tanda-Tanda Berakhirnya Kejayaan Klub Spanyol

Kekalahan Telak Barcelona dan Real Madrid

Tanda-Tanda Berakhirnya Kejayaan Klub Spanyol
Tanda-Tanda Berakhirnya Kejayaan Klub Spanyol
SEMIFINAL liga Champions, untuk pertama kalinya mempertemukan empat klub terbaik dunia dari dua benua penguasa sepakbola. Yakni Jerman dan Spanyol. Beberapa dekade terakhir, perwakilan Spanyol lebih sering mendominasi berbagai pertandingan level internasional. Klub Barcelona dan Real Madrid, bahkan tak tergantikan sebagai pemuncak di Liga Spanyol.

Sedangkan klub Jerman, meski memiliki sejarah panjang kemenangan, namun masih sering disebut memiliki kualitas di bawah klub asal Spanyol. Namun penilaian itu sepertinya harus segera diubah. Kegarangan dua klub asal Jerman, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund menggunduli dengan skor telak duo klub yang disebut terbaik dunia, Real Madrid dan Barcelona, mengubah semuanya.

Real Madrid harus mengaku kalah pada Borussia Dortmund dengan skor 4-1. Nasib tragis malah harus dialami Barcelona, yang dibantai Bayern dengan skor telak 4-0. Bahkan maha bintang Barca, Lionel Messi, yang sengaja diistirahatkan demi meladeni permainan Bayern, dibuat tak bisa berkutik.

"Mereka begitu kuat. Permainan mereka sudah berubah dan semakin baik. Kami harus mengucapkan selamat, karena mereka memang layak menang," puji Gerard Pique, menanggapi kekalahan mereka melawan Bayern.

SEMIFINAL liga Champions, untuk pertama kalinya mempertemukan empat klub terbaik dunia dari dua benua penguasa sepakbola. Yakni Jerman dan Spanyol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News