Tangani Masalah Lingkungan, LPPM Trisakti Jalin Kerja sama dengan PKK

Tangani Masalah Lingkungan, LPPM Trisakti Jalin Kerja sama dengan PKK
LPPM Universitas Trisakti bekerja sama dengan PKK Kelurahan Angke untuk menangani masalah lingkungan yang ada. Foto: LPPM

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trisakti menjalin kerja sama dengan PKK Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta untuk meyelesaikan permasalahan lingkungan setempat.

Menurut dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan FALTL Rositayanti Hadisoebroto, kerja sama dilakukan dalam bentuk program pengabdian kepada masyarakat (PKM) Green Teknologi Daur Ulang Air dan Bahan Pupuk pada PKK Kelurahan Angke.

Program ini mendapat hibah pendanaan PKM dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2024.

Hibah didapat melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2024, Nomor SP-DIPA 023.17.1.690523/2024 Revisi ke 01, tanggal 4 Februari 2024 dan berdasarkan Kontrak antara Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI WILAYAH III) dengan Universitas Trisakti Nomor 876/LL3/DT.06.01/2024 tanggal 26 Juni 2024.

Menurut Rositayanti fokus kegiatan yakni menyelesaikan masalah lingkungan akibat pencemaran air limbah, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam membuat bahan biokoagulan pengolah air limbah dan urban farming yang memanfaatkan lumpur hasil pengolahan sebagai bahan pupuk.

Kegiatan dilakukan dari Juni hingga November 2024 dengan tim yang diketuai Dr. Rositayanti Hadisoebroto, ST, MT, dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan FALTL.

Adapun anggota tim yakni dosen dari Jurusan Teknik LIngkungan FALTL. Yakni, Sheilla Megagupita Putri Marendra, ST, MT dan Jurusan Arsitektur Lanskap FALTL. Kemudian, Olivia Seanders, ST, MSc serta didukung tiga mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan FALTL semester tujuh.

Yakni, Salsabila Azzahra Anjani Indradini, Kendrick Kevin Kabe dan Ahmad Rheza, dengan mendapat rekognisi enam SKS sebagai kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

LPPM Universitas Trisakti bekerja sama dengan PKK Kelurahan Angke untuk menangani masalah lingkungan yang ada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News