Tanggapan Warga Indonesia Soal Turunnya Harga Bensin di Australia

Tanggapan Warga Indonesia Soal Turunnya Harga Bensin di Australia
Tanggapan Warga Indonesia Soal Turunnya Harga Bensin di Australia

Harga minyak dunia sudah merosot sebanyak 20 persen menjadi AS$28 per barel. Padahal di pertengahan 2015, harga minyak mentah dunia sempat meroket hingga AS$65. Badan perlindungan konsumen di Australia memastikan penurunan harga ini bisa dinikmati juga oleh semua warga. Sejumlah warga Indonesia di Australia memberikan tanggapan soal penuruan harga bensin ini.

Dewi Walker, pekerja

Tanggapan Warga Indonesia Soal Turunnya Harga Bensin di Australia
Dewi Walker. Koleksi pribadi.
Dewi Walker, yang sudah tinggal di Australia sejak tahun 2007 lalu mengaku tidak terlalu memerhatikan turunnya harga bensin di Australia.

Harga bensin di Australia terus merosot sejak awal tahun 2016. Hingga saat ini rata-rata harga bensin berada di kisaran $1,20 atau sekitar 11 ribu rupiah per liter. Bahkan dibeberapa stasiun bensin, harga bensin dibawah 1 dolar, atau dibawah Rp 9.500 per liter.

"Saya tidak terlalu memperhatikan harga, karena mobil yang saya kendarai sangat hemat," ujar Dewi. "Dalam tingga minggu, saya menghabiskan sekitar $40 untuk bensin."

Meski merasa belum adanya dampaknya dalam pengeluaran bulanannya, Dewi berharap penurunan harga bensin ini juga akan berpengaruh pada harga-harga lainnya.

"Selama ini saya memang berbelanja di pasar tradisional, bukan supermarket, karena mereka punya harga sendiri dan produk-produk yang dijual pun segar dan organik," ujar Dewi yang bekerja di Yarra Ranges Council ini.

Lulusan Monash University ini menggunakan mobil pribadi karena kebutuhan, meski kota Melbourne memiliki transportasi umum yang cukup terintegrasi.

"Dari rumah ke tempat kerja saya bisa menempuh waktu satu jam, tapi dengan naik mobil hanay 20 menit," ujarnya.

Harga minyak dunia sudah merosot sebanyak 20 persen menjadi AS$28 per barel. Padahal di pertengahan 2015, harga minyak mentah dunia sempat meroket

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News