Tantangan Pertama Laurent Blanc

Tantangan Pertama Laurent Blanc
Tantangan Pertama Laurent Blanc

jpnn.com - LIBREVILLE - Kekuatan belanja Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1 mungkin hanya bisa disaingi AS Monaco. Namun, gereget dalam dua kali laga uji coba pramusim belum menunjukkan tim asuhan Laurent Blanc itu sebagai klub yang dibangun dengan biaya 111,7 miliar euro (sekitar Rp 1,6 triliun).

Dalam dua laga pemanasan tersebut, Le Parisien -julukan PSG- hanya sekali memetik kemenangan. Itu pun hanya menang dua gol atas klub dari Swedia, Hammarby IF. Sedangkan di laga satu lagi, PSG malah ditumbangkan Real Madrid yang diarsiteki mantan pelatihnya, Carlo Ancelotti.

Karena itu, laga kontra Bordeaux dalam ajang Trophee des Champions atau biasa disebut Piala Super Prancis bakal menjadi tantangan pertama Blanc (tayangan langsung beIN Sport 1 pukul 01.40 WIB).

Seperti edisi sebelumnya, Piala Super Prancis selalu digelar di luar Prancis. Jika musim lalu dimainkan di New Jersey, AS, kali ini event tersebut kembali dimainkan di Benua Afrika. Stade d'Angondjé di Libreville, Gabon, akan menjadi pembuktian langkah calon raja sepak bola Prancis yang juga berambisi menjadi kekuatan elite Eropa tersebut.

Meski hingga kini belum meyakinkan, di atas kertas PSG tetap layak diunggulkan. Sebab, kualitas individu para penggawa Le Parisien masih di atas Bordeaux. Namun, harus diingat, Piala Super Prancis termasuk trofi yang tidak akrab dengan PSG. Sejak digelar pada 1995, PSG hanya bisa menang dua kali.

Itulah yang membuat Thiago Silva dkk begitu berambisi membawa pulang trofi Piala Super Prancis yang ketiga. "Trophee des Champions menjadi gelar yang penting bagi kami. Kami harus memainkan performa terbaik agar bisa mengawali musim 2013-2014 dengan catatan kemenangan," ujar Maxwell sebagaimana dilansir Soccerway.

PSG juga terkendala keutuhan skuad. Mereka belum bisa menurunkan dua rekrutan anyarnya, Edinson Cavani dan Marquinhos. Seperti dilansir dari ESPN, keduanya ditinggalkan di Paris. Selain itu, Jeremy Menez yang melakoni pemulihan cedera juga tidak dibawa.

Tapi, para pilar yang lain seperti Zlatan Ibrahimovic, Javier Pastore, Ezequiel Lavezzi, Thiago Motta, Lucas, hingga rekrutan anyarnya, Lucas Digne, secara umum masih di atas Bordeaux. Apalagi, Bordeaux tidak akan bisa menurunkan salah satu andalannya di lini depan, Cheick Diabate.

LIBREVILLE - Kekuatan belanja Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1 mungkin hanya bisa disaingi AS Monaco. Namun, gereget dalam dua kali laga uji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News