Target Sapu Bersih 271 Pilkada, Ini Strategi Demokrat

Target Sapu Bersih 271 Pilkada, Ini Strategi Demokrat
Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP PD, Hinca Pandjaitan. Foto:dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat pasang target memenangkan seluruh pilkada di 271 daerah yang akan digelar Desember 2015. Guna mencapai target itu, konsep pelaksanaan kampanye pun sudah dirancang.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP PD, Hinca Pandjaitan, menjelaskan, dalam rapat konsolidasi jajaran pengurus Partai Demokrat se-Sumatera di Batam, Minggu (22/2), Susilo Bambang Yudhoyono yang langsung menyampaikan mengenai target sapu bersih itu.

Menurut SBY, kemenangan mutlak di pilkada merupakan jembatan menuju kemenangan pemilu dan pilpres 2019.

"Pak SBY mengatakan, kita harus rebut pilkada sebagai kilometer nol menuju 2019," ujar Hinca, menirukan pesan ketum Demokrat itu di rapat konsolidasi di Batam, kepada JPNN kemarin (23/2).

SBY, lanjut Hinca, memaparkan bahwa target itu bukan mengada-ngada. Setelah Demokrat berada di luar pemerintahan, maka semua energi bisa difokuskan untuk upaya pemenangan pilkada. Ini berbeda saat masih menjadi partai penguasa, tokoh-tokohnya sibuk di urusan pemerintahan.

Untuk kampanye, juga sudah dirancang sebuah model. Yakni, para kader di kabupaten/kota tetangga yang tidak ikut pilkada serentak, harus ikut membantu kader yang maju di pilkada. Nantinya saling membantu dilakukan secara bergantian saat mendapat giliran ikut pilkada serentak.

"Seluruh petinggi partai akan diterjunkan untuk kampanye pilkada, termasuk Pak SBY," ujar Hinca.

Mengenai calon yang akan diusung, kata Hinca, SBY berpesan tetap harus mengutamakan kader sendiri. Kecuali, jika ada tokoh non kader yang sekiranya kemampuannya melebihi kader sendiri, maka non kader itu yang akan diusung.

JAKARTA - Partai Demokrat pasang target memenangkan seluruh pilkada di 271 daerah yang akan digelar Desember 2015. Guna mencapai target itu, konsep

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News