Tata Tatap Hasil Rotasi Barcelona

Tata Tatap Hasil Rotasi Barcelona
Tata Tatap Hasil Rotasi Barcelona

jpnn.com - PELATIH Barcelona Gerardo Martino tidak menunjukkan tanda-tanda khawatir dengan reaksi Lionel Messi dan Neymar saat digantikan dalam laga melawan Real Sociedad. Dia sama sekali tak bermaksud mengutak-atik komposisi pemainnya di lini depan. Upaya tersebut sebagai salah satu tindakan Tata, sapaan akrab Martino, untuk menghapus anggapan ketergantungan pada Messi atau pada pemain lainnya.

"Saya dipekerjakan untuk membuat banyak keputusan yang terkait dengan kesehatan tim dan para pemain sepanjang musim agar mereka fit di tahap-tahap yang menentukan musim ini," ujar Tata.

Laga melawan Celtic jadi ujian keberanian Tata. Tanpa Messi, dia masih punya Neymar, Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez dan Cristian Tello yang sudah sering mengisi posisi inti. Dia mengirimkan sinyal akan memasang Neymar di posisi penyerang tengah untuk menggantikan Messi.

"Peran itu sudah akrab dengan Neymar di tim lamanya. Dia punya keuntungan yang lebih baik dibandingkan beberapa rekannya," tambah Tata.

Kebijakan Tata untuk mengeksplorasi potensi seluruh pemainnya tak hanya terjadi di lini serang. Bahkan, posisi di tengah jadi bagian yang paling sering diubah komposisinya di awal musim 2013-2014. Dari delapan laga terakhir yang sudah berlangsung di berbagai ajang, terjadi enam kali pergantian komposisi yang ditempati tiga pemain.

Jaminan posisi inti tak berlaku bagi semua pemain. Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta atau Cesc Fabregas sama-sama pernah mencicipi bangku cadangan. Sementara Alexandre Song mendapatkan tambahan menit bermain yang besar.

"Saya akan melakukan itu (rotasi) dan saya tahu benar tidak ada yang suka diganti, saya mengerti. Secara tradisional, itu terjadi kepada semua pemain, tapi kami mengatur waktu dengan mengevaluasi semuanya, kami tidak bisa mengalihkan perhatian kami jika menginginkan skuad yang lengkap di tahap akhir," terang Tata. (ady)


PELATIH Barcelona Gerardo Martino tidak menunjukkan tanda-tanda khawatir dengan reaksi Lionel Messi dan Neymar saat digantikan dalam laga melawan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News