Tegaskan Komnas HAM tak Punya Tendensi Politik

Tegaskan Komnas HAM tak Punya Tendensi Politik
Tegaskan Komnas HAM tak Punya Tendensi Politik
JAKARTA-Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ifdal Kasim, menegaskan, penanganan kasus pelanggaran HAM yang dilakukan tidak bertendensi politik. “Murni semata untuk menegakkan HAM di Indonesia,” ujarnya usai menggelar diskusi terbatas di Kantor Komnas HAM, di Jalan Latuharihari, Jakarta, Kamis (17/2). Hadir dalam diskusi tersebut diantaranya Mantan Wapres Jusuf Kalla, Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Solahudin Wahid, dan sejumlah anggota Komnas HAM.

Dalam diskusi terbatas tersebut, penyelesaian masalah HAM di tanah air memang menjadi salah satu agenda yang akan dilakukan lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang Undang ini kedepan. Komnas HAM akan bersinergi dengan Pemerintah untuk mengungkap berbagai pelangggaran HAM di negara bernama Indonesia ini.

Langkah utama yang akan dikerjakan bila sinergi tersebut jadi dibangun, jelas Ifdal, yaitu menginventaris berbagai pelanggaran yang terjadi di Indonesia. Lalu menentukan skala prioritas, apa saja yang bakal diproses untuk diselesaikan.

“Kita menyadari selama ini hasil temuan pelanggaran HAM sering mentok dalam tindaklanjut penyelesaiannya. Karenanya tak heran bila kasus tersebut menumpuk,” papar Ifdal melanjutkan pembicaraan. “Makanya peran Pemerintah penting untuk sama-sama membantu,” tandasnya.

JAKARTA-Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ifdal Kasim, menegaskan, penanganan kasus pelanggaran HAM yang dilakukan tidak bertendensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News