Tekan Biaya Logistik, Pelindo III Bangun JIIPE

Tekan Biaya Logistik, Pelindo III Bangun JIIPE
Tekan Biaya Logistik, Pelindo III Bangun JIIPE

jpnn.com - SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III saat ini tengah mengembangkan sebuah kawasan industri yang luas dengan pelabuhan dan kompleks perumahan. Kawasan yang diberi nama Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE) itu sedang dibangun dan dikembangkan sebagai pusat pengembangan industri baru di sisi utara Gresik.

"Di bangun di sana untuk mendukung kegiatan ekonomi di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya," ujar Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto melalui keterangan tertulisnya, Senin (27/1).

Pengembangan industri ini juga akan didukung oleh pengembangan perumahan dan laut pelabuhan estate. Menurut Edi pengembangan JIIPE di kawasan Manyar Gresik ini juga sebagai solusi terhadap tingginya tingkat arus bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Konsep bisnis Pelindo III dapat menekan biaya logistik dari hulu hingga ke hilir yang saat ini cukup tinggi dan sering dikeluhkan oleh para pengusaha. JIIPE bertujuan untuk menyediakan layanan pelabuhan laut langsung ke kawasan industri untuk meminimalkan biaya logistik yang biasanya terjadi ketika pelabuhan laut terletak jauh dari kawasan industri," papar dia.

Selain itu, JIIPE juga bertindak sebagai pelabuhan multi layanan laut untuk melayani pengiriman, kontainer, general cargo, mobil atau kendaraan, curah kering dan cair. Dijelaskan Edi bahwa pengembangan kawasan JIIPE di lokasi tersebut juga telah mematuhi peraturan daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik dari 2010-2030.

Untuk mengembangkan proyek JIIPE, Pelindo III menggandeng PT AKR Corporindo Tbk untuk mengarap tanah seluas 2.000 hektare di kawasan Manyar, Gresik, Jawa Timur. "Luas areal itu rencananya dibagi dalam tiga kawasan, yakni untuk pelabuhan, industri, dan perumahan," tutup Edi. (chi/jpnn)


SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III saat ini tengah mengembangkan sebuah kawasan industri yang luas dengan pelabuhan dan kompleks


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News