Tekan Pengiriman TKI, Tawarkan Wirausaha

Tekan Pengiriman TKI, Tawarkan Wirausaha
Tekan Pengiriman TKI, Tawarkan Wirausaha
JAKARTA -- Pemerintah merumuskan solusi untuk menjawab kritik terhadap kinerja manajerial pengiriman dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menawarkan ragam wirausaha bagi pengangguran di Indonesia untuk menekan pengiriman TKI.

"Misinya untuk menciptakan kesempatan kerja sekaligus mengentaskan kemiskinan melalui pengembangan kewirausahaan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Jakarta Sabtu (27/11) kemarin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, pengembangan kewirausahaan diharapkan menjadikan solusi mengurangi penempatan TKI informal. karena itu, Muhaimin berencana akan mengembangkan kewirausahaan di 38 kabupaten/kota yang menjadi kantong TKI di Indonesia. "Pemerintah juga mengubah fokus penempatan TKI di luar negeri di sektor-sekor formal dan bukan rumah tangga," kata Muhaimin.

Kemenakertrans menetapkan kebijakan-kebijakan pokok untuk membangkitkan dan mengembangkan potensi calon wirausaha. Yakni, membentuk wirausaha baru, mengembangkan kluster wirausaha yang sudah ada , dan pendampingan wirausaha. Kelompok masyarakat yang menjadi calon grup kewirausahaan adalah pengangguran, masyarakat miskin di pedesaan, penganggur terdidik di perkotaan, calon TKI, dan calon transmigran.

JAKARTA -- Pemerintah merumuskan solusi untuk menjawab kritik terhadap kinerja manajerial pengiriman dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News