Tenang Panas

Oleh: Dahlan Iskan

Tenang Panas
Dahlan Iskan. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DI PILKADA serentak November nanti seluruh provinsi di Jawa sampai hari kemarin terlihat tenang. Tidak ada perang isu yang panas.

Di Jakarta panasnya justru dalam proses seleksi calon oleh partai politik. Ada drama pencalonan Anies Baswedan dan Ahok. Panas. Mengkhawatirkan. Drama justru berakhir sebelum layar dibuka.

Yang akhirnya tampil di Pilgub Jakarta adalah tokoh-tokoh yang tutur kata dan pembawaannya tenang.

Baca Juga:

Ridwan Kamil dan Pramono Anung sama-sama sosok yang pandai mengendalikan emosi.

Sebagai penantang yang sedang dikepung semua partai rupanya tidak membuat Pramono berusaha menarik perhatian dengan segala cara.

Pramono tidak mudah kepancing pertanyaan wartawan. Komentar-komentarnya merendah. Sejuk.

Baca Juga:

Pramono seperti bukan Banteng Ketaton. Dia seperti nothing to lose. Pun Rano Karno calon wakil gubernurnya. Tidak ada suara dengan nada tinggi.

Suswono, pasangan Ridwan Kamil, juga sosok yang santun. Sebagai mantan menteri dia juga bisa menerima dicalonkan hanya sebagai wakil gubernur. Lebih rendah hati dibanding Risma yang berhenti sebagai menteri sosial untuk jadi calon gubernur Jatim.

Di Jateng-lah yang kayaknya paling panas. Mantan kapolda lawan mantan panglima TNI. Ahmad Luthfi vs Andika Perkasa. Di balik mereka ada Jokowi dan Megawati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News